Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?



Bolehkah ibu hamil makan mie instan? - Mie instan merupakan salah satu menu praktis disaat lapar. Tetapi bagaimana bila sedang hamil apakah boleh kita konsumsi?. Sudah jadi rahasia umum jika mie instan adalah menu makanan cepat saji yang paling banyak digemari, selain murah, cara membuatnya juga mudah dan rasanya sangat enak.

Meskipun enak namun mie instan bukanlah makanan yang bergizi, namun saat sedang hamil dan ngidam apakah boleh makan mie instan ketika hamil?

Mengonsumsi mi instan saat hamil bisa bikin cepat lapar

Sesungguhnya mie instan tidak baik dimakan sebagai lauk tunggal bagi siapapun. Ini dikarenakan mie instan sangat sedikit kandungan mineral, protein, vitamin dan serat. Padahal kita tahu bahwasanya nutrisi itu sangat penting selama masa kehamilan yang berfungsi menunjang kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Miss V Tanpa Harus Mahal

Mie instan mempunyai rasayang gurih dan asin karena kandungan monosodium glutamat (MSG) dan garam yang cukup tinggi. Bila banyak mengonsumsi garam yang berlebihan dan dalam waktu yang lama akan beresiko bagi ibu hamil untuk mengalami tekanan darah tinggi.

Tekanan darah yang tinggi selama kehamilan memang tidak selalu berbahaya, namun bisa menyebabkan munculnya komplikasi kesehatan. Bila Anda memiliki riwayat hipertensi sekaligus sering makan mie instan saat hamil dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi.


Selain masalah kesehatan di atas, ternyata mie instan justru akan membuat kita cepat lapar. Ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam mie instan yang tinggi dapat menaikkan gula darah namun disisi lain membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya.


Rentang waktu yang lama dalam mencerna mie instan akan memaksa saluran pencernaan bekerja lebih keras dalam memecah mie selama berjam-jam. Normalnya makanan yang tak berserat akan lebih cepet dicerna , sehingga makan mie instan akan berdampak pada penyerapan nutrisi yang didapat sangatlah kurang.


Kurangnya nutrisi yang dibutuhkan akan memberikan sinyal lapar serta sekaligus produksi insulin semakin besar dan menekan gula darah dengan cepat. Turunnya gula darah dalam waktu singkat akan memnyebabkan kita merasa lemas, sehingga menyebabkan Anda ingin makan lebih banyak lagi untuk mengembalikan energi.


Dengan kondisi tersebut akan terjadi penumpukan makanan pada tubuh, sehingga menyebabkan berat badan mengalami kenaikan dan bila ini terjadi pada ibu hamil akan sangat beresiko bagi ibu hamil dan janin.


Meski begitu umumnya makan mie instan saat hamil masih bisa diperbolehkan asal jangan berlebihan.

Tips sehat makan mie instan saat hamil


Berikut ini tips mengonsumsi mie instan saat hamil:


  • Tambahkan bahan lainnya seperti potongan ayam/daging, telur, bakso, dan beberapa sayuran hijau seperti: sawi, kangkung untuk meningkatkan nilai gizinya.
  • Gunakan bumbu dalam mie instan setengahnya saja untuk mengurangi asupan garam.


Memakan mie instan ketika sedang hamil tidaklah mengapa bila sebagai makanan selingan saja. Jadi janganlah mengonsumsinya sebagai makanan pokok tiap harinya, karena aslinya mie instan adalah junkfood yang dianggap tidak memiliki manfaat apapun bagi ibu hamil dan juga janin. Sehingga disarankan untuk sebisa mungkin meminimalisir makan mie instan.


Artikel Terkait Lainnya: