Bolehkah Ibu Hamil Minum Es




Bolehkah ibu hamil minum es? Anda semua pasti telah mengetahui bahwa ibu hamil dilarang minum es yang telah sejak dulu diketahui dan dianggap sebagai salah satu larangan ibu hamil. Kenapa ibu hamil tak boleh minum es dapat berkembang dan menyebar dari generasi ke generasi sampai sekarang.

Lantas apakah info itu benar atau hanyalah mitos?. Melalui artikel ini akan dibahas berdasarkan sudut pandang medis dan juga referensi dari beberapa dokter spesialis kandungan.

Minum es bagi ibu hamil memang menyegarkan apalagi jika saat sedang musim panas, minum es jeruk, es teh, es kelapa muda, es cincau bahkan juga es cream sudah pasti banyak yang suka. Kalau dari sisi medis apakah minum es berhubungan dengan masalah pada kadungan.

Apakah ibu hamil boleh minum es


Ibu hamil perlu minum lebih banyak cairan selama kehamilan untuk mengimbangi peningkatan volume darah dan cairan yang mengelilingi bayi (air ketuban). Disarankan untuk wanita hamil harus minum air sebanyak 1-2 gelas sehari, jadi idealnya sekitar 8-10 gelas total setiap harinya.

Baca Juga: Air Ketuban Banyak, Apakah Berbahaya?

Ibu hamil biasanya disarankan untuk tidak minum es / air dingin karena dapat menyebabkan janin yang dikandungnya menjadi besar atau dapat menyebabkan keguguran. Namun, secara ilmiah, selalu aman untuk mengkonsumsi minuman dingin.

Apapun suhu makanan atau minuman jika mencapai lambung dan usus  akan berubah sesuai dengan suhu tubuh. Jadi mengambil minuman dingin tidak akan mempengaruhi perkembangan janin Anda. Tapi selalu ingat moderasi adalah kuncinya.

Ibu hamil harus menjaga asupan air putih pada rasio yang lebih tinggi daripada soda dan minuman lainnya. Hal ini dapat menjaga tubuh terhindar dari bahaya dehidrasi dan membantu membersihkan zat beracun dalam tubuh. .

Referensi dari berbagai dokter.

1. "Minum air es atau air dingin saat hamil tidak membuat janin membesar"Oleh Dr. dr Noroyono Wibowo, Sp.OG(K) Dokter spesialis kandungan RS. Cipto Mangunkusumo Fakultas Universitas Indonesia (RSCM FK-UI)

2. "Sebenarnya tidak ditemukan bukti yang cukup jika minum es ketika sedang hamil menyebabkan kendala saat proses persalinan". Dr. Dina Tri Amalia Interactive Medical Advisor di Mediskus.com

3. "Minum es tak akan membuat bayi Anda membesar karena es memiliki zero kalori". Dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG (K), Spesialis Kebidanan Dan Kandungan Klinik Fertilitas Yasmin RSCM.

Bahaya ibu hamil minum es


Tidak dianjurkan untuk ibu hamil dengan kandungan lemah dan memiliki masalah pada lambung untuk minum air dingin. Meski minum air dingin dianggap aman untuk sebagian besar ibu hamil, yang terbaik adalah untuk pertama kali pahami kondisi tubuh Anda sebelum minum air dingin atau makanan dingin.

Bahaya ibu hamil minum es yang berlebihan menyebabkan defisiensi limpa dan berasa dingin pada perut. Kedepannya menyebabkan nafsu makan yang buruk, pencernaan lamban, sakit perut dan kram atau bahkan diare. Hal ini tidak diinginkan bagi ibu hamil karena pertumbuhan janin membutuhkan sejumlah besar vitamin dan nutrisi dari tubuh ibu.

Hindari minuman dingin yang mengandung gas / berkarbonasi minuman dingin, terutama yang mengandung pemanis. Efek ibu hamil minum minuman berkarbonasi adalah salah satunya pemicu terjadinya sakit maag. Minuman soda berkarbonasi mengandung kafein yang dalam jumlah besar memiliki potensi penyebab keguguran.

Alih-alih mengambil minuman berkarbonasi dingin, lebih baik ibu hamil minum susu dingin yang memberikan sejumlah besar kalsium yang dibutuhkan untuk membangun tulang dan gigi bayi.

Dari ulasan di atas terkait bolehkah ibu hamil minum es atau air dingin dapat di tarik kesimpulan bahwa es dan air dingin tidak menyebabkan janin menjadi besar, namun jika Anda memiliki sejarah kandungan lemah ada baiknya hindari minuman dingin karena dampak minum es tidak baik untuk janin.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share dan like fanspage Hamil Care ya.