12 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

By
Advertisement
makanan sehat untuk ibu hamil

Memilih makanan sehat untuk ibu hamil muda merupakan hal yang harus diperhatikan guna memenuhi kebutuhan nutrisi bagi anda dan janin. Dengan beragam informasi mengenai makanan yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi saat hamil, membuat kita bingung untuk menentukan makanan apa saja sih yang baik bagi kehamilan?.

Ada banyak cara untuk memastikan agar anda dan janin memperoleh nutrisi ibu hamil yang tepat agar terhindar dari komplikasi selama kehamilan.

Menurut para ahli gizi kita tidak harus mengkonsumsi semua makanan yang disarankan, melainkan memilih salah satu yang menjadi makanan favorit yang mencukupi nutrisi kesehatan anda dan juga perkembangan janin.

Contoh makanan sehat ibu hamil muda:

Berikut adalah jenis makanan sehat yang baik untuk ibu yang saat ini tengah hamil muda, diantaranya:

  • Telur
  • Kacang kacangan
  • Ubi jalar
  • Ikan salmon
  • Biji bijian
  • wall nut
  • Susu rendah lemak
  • Buah buahan
  • Yogurt
  • Keju

1. Telur

Telur selain mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral, juga mengandung banyak sekali protein yang penting di masa kehamilan. Telur merupakan alternatif sumber protein karena mengandung asam amino essensial yang sangat dibutuhkan tubuh.

Telur juga mengandung kolin, yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi, serta membantu mencegah terjadinya cacat saraf. Beberapa jenis telur mengandung lemak omega-3 yang berperan penting terhadap perkembangan otak dan penglihatan.

Wanita sehat dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi 1-2 butir telur sehari sebagai bagian dari program diet hamil. Disamping itu telur sangat praktis murah, mudah, cepat, dan serbaguna.

Jika Anda tak punya banyak waktu untuk memasak makanan, telur dapat juga direbus atau dengan menjadikannya omlet dan telur orak-arik. Namun perlu diingat pastikan untuk tidak mengkonsumsi telur setengah matang atau telur yang masih mentah.

2. Kacang

Kacang memiliki kandungan serat dan protein lebih banyak daripada sayuran. Selama masa kehamilan penting untuk memenuhi kecukupan protein. Serat baik untuk pencernaan, saluran pencernaan yang terhambat akan menimbulkan berbagai keluhan ibu hamil seperti sembelit dan wasir pada ibu hamil.

Serat mampu mencegah dan meringankan masalah ini karena kacang mengandung banyak serat dan cenderung kaya akan nutrisi. Disamping itu kacang merupakan sumber zat besi yang baik, asam folat, kalsium, dan juga seng.


3. Ubi jalar

Tahukah anda mengapa ubi jalar berwarna oranye?. Warna oranye berasal dari karotenoid yakni pigmen tanaman yang dapat berubah menjadi vitamin A saat berada dalam tubuh kita. karotenoid mampu diubah menjadi vitamin A hanya jika dibutuhkan, sehingga tanpa perlu untuk mengurangi konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A. Seperti halnya kacang, ubi jalar juga murah serta cocok untuk dijadikan cemilan sehat.


4. Ikan salmon

Tidak hanya ikan salmon kaya protein tetapi juga merupakan sumber lemak omega-3, yang baik untuk perkembangan janin serta dapat membantu meningkatkan mood. Ikan salmon memiliki kandungan metilmerkuri yang rendah, maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya lebih dari 12 ons per minggu untuk menghindari konsumsi merkuri yang berlebihan.


5. Biji-bijian.

Makanan yang mengandung biji bijian seperti halnya roti gandum dan sereal diperkaya dengan asam folat dan zat besi.

Biji-bijian mengandung lebih banyak serat daripada roti putih dan nasi.
Contoh pengaturan menu yakni oatmeal untuk sarapan, sandwich roti gandum saat makan siang, dan pasta gandum atau beras merah untuk makan malam.


6. Kacang walnut

Walnut dikenal sebagai kacang kenari adalah salah satu sumber protein nabati yakni omega-3. Kacang kenari selain merupakan sumber lemak Omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja sel-sel otak, kacang kenari juga terbukti meningkatkan kemampuan otak bayi yang baru lahir.

7. Susu tanpa lemak

Tubuh mampu menyerap sekitar dua kali lebih banyak kalsium pada saat sedang hamil. Tapi karena kebanyakan dari kita terlalu sedikit jumlah kalsium yang dikonsumsi, maka untuk memenuhinya minum susu rendah lemak merupakan langkah yang cerdas.


8. Sayuran berdaun hijau tua.

Sayuran seperti bayam, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk juga didalamnya vitamin A, C, dan K, serta asam folat yang sangat penting untuk kesehatan mata.


9. Daging tanpa lemak.

Kebutuhan zat besi sangat diperlukan selama masa kehamilan, jadi penting untuk konsumsi banyak makanan yang kaya akan zat besi. Jika anda tidak memiliki cukup zat besi akan membuat kita lebih cepat merasa lelah karena daging memberikan bentuk zat besi yang mudah diserap oleh tubuh. Harap di ketahui bahwa konsumsi zat besi yang berlebih akan menimbulkan sembelit bagi ibu hamil.

10. Buah-buahan

Konsumsi banyak buah-buahan dan sayuran untuk memastikan agar Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai variasi nutrisi.

"Setiap warna pada buah dan sayur memberikan vitamin dan mineral yang berbeda" jelas ahli diet Jodi Greebel, pemilik Citrition, layanan konseling gizi di New York.


11. Yogurt.

Jenis yogurt terbaik adalah yogurt greek, karena memiliki dua kali lipat kandungan protein dibandingkan dengan yogurt biasa. Yoghurt greek merupakan sumber kalsium penting dalam diet kehamilan, secangkir yogurt rendah lemak memiliki kandungan kalsium lebih banyak daripada susu biasa.

Disamping tinggi protein yogurt greek juga tidak memiliki gula tambahan seperti jenis yogurt lainnya yang memiliki berbagai rasa. Yogurt greek dapat dikonsumsi bersama dengan buah atau gandum sereal. Yogurt merupakan salah satu makanan favorit saat masa kehamilan, kandungan kalsium membantu menjaga tulang tetap sehat serta pembentukan tulang sehat untuk bayi.

12.keju.

Keju lunak seperti keju cheddar dan mozzarella dianggap juga sebagai salah satu makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan juga merupakan tinggi protein.

Semua jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda di atas harus dipenuhi, tidak harus semua di makan namun sesuaikan dengan selera. Yang terpenting adalah jangan berlebihan, semoga artikel ini bermanfaat dan selalu ikuti artikel Hamilcare.net tentang kehamilan.

Selanjutnya:
Pantangan ibu hamil: makanan yang harus dihindari



2 komentar:

  1. salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak yaa.. keep writes

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gak ada, terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus